wanna be a writer and a famous pianist as soon as possible , I just wanna make them proud of me

Sunday, August 3, 2014

Realita Persahabatan

Gue pernah baca di salah satu novel terbitan favorite gue, disana ditulis kalo yang namanya sahabat itu ada di saat apapun yang terjadi di dunia sahabatnya, sahabat itu selalu setia melebihi lelaki yang teramat sangat kita cintai, sahabat itu bisa di bilang segalanya, yang selalu peduli, yang selalu merhatiin gimana sahabatnya..

Tapi malam ini terlintas dipikiran gue, tulisan itu emang cuma sekadar tulisan. Gak nyata. Gak realita. Karena mayoritas yang kejadian malah misalnya, si A menganggap si B itu adalah sahabatnya, ngelakuin semua yang terbaik buat si B, peduli, selalu ada saat si B susah, selalu ada kapanpun dan dimanapun buat si B, tapi ada kalanya si A sadar, kalo setiap apa yang dilakuin si B untuk si A itu semata-mata cuma sekadar ngebales jasanya si A. Realita banget kan? Emang. Si A nganggap si B sahabat, tapi si B nganggap si A cuma sekadar teman yang baik. Teman yang baik lho..bukan teman terbaik..

Ada lagi, si C emang sahabatan sama si D. Si D juga nganggap si C sahabatnya. Mereka sahabatan bener-bener kayak sahabat sejati. Sedih susah seneng bareng. Bodoh bareng. Pinter bareng. Ngelakuin kesalahan pun bareng. Semua yang di lakuin bareng. Cerita? Gak perlu ada tanda tanya mereka saling cerita. Tanpa ada kata maaf, mereka saling maafin. Berantem udah jadi makanan sehari-hari mereka, cuma gak pernah ada satu alasan dan satu hal pun yang ngebuat mereka jauh, mereka jenuh sahabatan, ataupun ngebuat mereka musuhan. Gak ada. Dan mereka yakini gak bakalan ada masa itu. Masalahnya dimana? Masalahnya disini, ketika mereka yakin gak ada masa itu, masa dimana mereka jauh, masa dimana mereka saling tidak mengenal. Itu letak masalah yang paling fatal untuk persahabatan mereka. Masa itu datang lewat hadirnya si E. Si E ini adalah Lelaki yang sudah resmi jadi pacarnya si D. Banyak persahabatan yang runtuh karna adanya relationship dari salah satu anggota persahabatan. Bukan. Bukan salah si E. Tapi justru si C sangat berterimakasih dengan si E, karena berkat datangnya si E, si C mulai sadar gimana bentuk si D. Si D yang mulai ngelupain, si D yang sudah keliatan gak butuh si C sebagai sahabatnya lagi, si D yang udah bener-bener seperti gak terlihat oleh si C. Sakit? Bisa dibilang gitu..

Bahkan ada satu contoh realita kehidupan persahabatan, misalnya gini, si A B C D sahabatan, bisa dihitung persahabatan mereka udah lama banget, gak ada cerita yang di tutupin, bahkan masalah keluarga sekalipun, mereka saling tau, apalagi masalah lelaki.. Ada satu kejadian, si A cinta mati sama si E, dan cerita itu udah jadi makanan tiap mereka kumpul. Gak pernah sekalipun si A gak nyeritain gimana dia malu, gimana dia seneng, gimana dia bahagia kalo ngeliat muka-nya si E. Si A mati-matian ngedeketin si E ampe akhirnya si D nawarin diri buat jadi penengah, alias makcomblang di antara si A dan si E. Singkat cerita, berbulan-bulan si A ngedeketin si E, berbulan-bulan itu juga hasilnya tetep nihil..mereka sama sekali belum jadian tapi si A makin penasaran dan makin cinta. Puncak masalahnya adalah si D terlibat cinta lokasi sama si E. Dan begitupun si E. Si E jadian sama si D. Gimana si A? Gimana si B dan C? Hancur. Persahabatan mereka udah gak sehat. Udah gak seharmonis dulu. Masih sahabatan? Tentu masih. Cuma ada beberapa hal yang sudah menjadi kebiasaan tapi berubah menjadi hal yang gak bakalan lagi terjadi.

Itukah sahabat? Itukah yang dibilang sahabat setia? Sahabat selalu ada? Semuanya tergantung kita yang ngejalanin. Jangan terlalu cepat menganggap. Jangan terlalu ngegunain perasaan dan hati kalo udah terjun di dunia sosial. Di dunia pertemanan. Perbanyak doa biar semua Allah yang nunjukin asal kita berusaha buat mencari yang sebenarnya..

I just wanna say thanks for my beloved friend; monica dan muhammad nasir; manusia memang tidak ada yang sempurna dan tidak luput dari kesalahan. Mereka, 2 manusia di antara beribu manusia itu. Mereka pernah ngelakuin salah, salah besar malah tapi mereka gak pernah mau "mengganti" posisi sahabatnya. Mereka pernah terjebak relationship, tapi mereka tetap nunjukin ke gue kalo kita adalah manusia sosial yang saling butuh. Gue pernah ngerasain benci yang gak sepatutnya gue rasain buat mereka. Benci karena mereka ngelakuin salah besar itu, tapi mereka justru yang ngasih jalan keluar; jujur. Jujur adalah jalan keluar untuk masalah. Ngeluarin apa yang di rasain. Semuanya lega. Semuanya berakhir. Dan kami, kami bersahabat tanpa rahasia sekecil apapun. Itulah persahabatan.
Persahabatan yang benar-benar "persahabatan" adalah yang dilakukan tanpa rahasia.

No comments:

Post a Comment